Implementasi Media Monitoring PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung

Penulis

  • Adi Muhammad Ramadhan Politeknik LP3I
  • Genik Puji Yuhanda Politeknik LP3I
  • Taufiq Furqon Nurhakim Politeknik LP3I

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.331

Kata Kunci:

Google My Bussiness, instagram, implementation, media monitoring, public relations, social media.

Abstrak

Jurnal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan media monitoring PT. Astra International Daihatsu Cibeureum, Bandung. Jurnal ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis, yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kegiatan media monitoring yang dilakukan PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung, dikhususkan mengawasi pemberitaan atau informasi yang datang dari konsumen dan pelanggan, terutama pada GMB (Google My Business) dan instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan media monitoring yang dilakukan PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung telah dilaksanakan dengan baik. Salah satu indikatornya adalah nilai atau rating pada media online, GMB, yaitu mencapai angka 4,7.

Referensi

Sodikin, Ali. (2022). Implementasi Program Analisis Monitoring Berita di Diskominfotik DKI Jakarta. SYIAR: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(1), 1, https://doi.org/10.54150/syiar.v1i1

Alif, Ismail. (2020). Analisis Isi dalam Kegiatan Media Monitoring Program Nasional PNPM Mandiri yang Dipublikasikan Melalui Media Daring. AKRAB: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5 (1), 181.

Dewi, Meliana Sandra. 2022. Strategi Media Monitoring Pada Pemberitaan Covid-19 di Media Daring (Langkah Preventif Biro Humas Pemprov Jabar Dalam Mendeteksi Berita Hoax Mengenai Covid-19). Medialog: Universitas Telkom, V (I), 35, https://doi.org/10.35326/medialog.v5i1.1226

Friedel, Sayuqi Lukman. (2019). Program Kliping Media Sebagai Kegiatan Media Monitoring Divisi Humas PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Distribusi Jawa Barat. Jurnal Riset Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 10 (2), 181, http://dx.doi.org/10.31506/jrk.v10i2.7261

Ilham Gunawan, Aditya. (2020). Kegiatan Media Monitoring Humas Pemerintah Kota Cimahi. Jurnal Ekspresi dan Persepsi Unpad, 3(2), 122, https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1758

Iriantara, Yosal. (2008). Media Relations: Pendekatan, dan Praktik. Bndung: Simbiosa Rekatama Media.

Maulida, Rizqi Mia. (2020). Aktivitas Media Monitoring Biro Humas Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Prosiding Humas Universitas Islam Bandung, 6 (2), 164, https://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22590

Nurrachmah, Sitti. (2022). Media Monitoring. Bandung: Prodi Kehumasan LP3I.

Putri Astiti, Ida Ayu. (2020). Aktivitas Media Monitoring di PT. Bisnis Indonesia Konsultan. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 1 (1), 1.

Ramdhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-01 — Diperbaharui pada 2025-08-02

Versi

Cara Mengutip

Muhammad Ramadhan, A., Puji Yuhanda, G., & Furqon Nurhakim, T. (2025). Implementasi Media Monitoring PT. Astra International Daihatsu Cibeureum Bandung. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 5(1), 137-146. https://doi.org/10.52436/1.jishi.331 (Original work published 1 Agustus 2025)